Tulisan ini aku dedikasikan untuk teman kantorku, leaderku, yang telah kehilangan ponsel Android OPPO di sebuah angkutan umum KOPAJA. Kejadian ini juga mengingatkan kita akan pentingnya menjaga sesuatu yang kita miliki apapaun itu.

Sebelum kejadian ini sebenarnya aku telah lama melakukan tindakan preventif terhadap ponsel yang aku miliki. Dari posting terdahulu aku pernah membahas bagaimana cara mengotomatisasi ponsel kita dengan bantuan aplikasi On{X} dari pengembang Microsoft.
Dengan bantuan aplikasi ini kita dapat membuat tindakan yang akan ponsel kita lakukan dengan trigger yang telah kita tetapkan. Kita juga dapat mengaktifkan data ponsel kita dengan mengirim sebuat pesan text ke ponsel. selain data, bluethoot, wifi, gps dapat juga diaktifkan.

Sebagai contoh, bayangkan jika ponsel kita hilang, dengan bantuan otomatisasi android kita dapat menampilkan lokasi kita, mematikan ponsel, atau bahkan menghapus data tersebut dari jarak jauh.

Beberapa aplikasi Android yang mendukung tindakan tersebut tentunya adalah aplikasi bawaan Google sendiri yaitu “Android Device Manager”, dan membiarkan google menemukan lokasi ponsel kita dengan mengaktifkannya di menu “Location”.

Selain itu ada aplikasi On{X} yang telah dibahas pada posting terdahulu, Tasker, dan AutomateIt yang juga memiliki kemampuan untuk mengotomatisasi ponsel kita. Pada posting selanjutnya kita akan membahas bagaimana mengaktifkan dan menggunakan fitur Android Device Manager seperti mengunci, menghapus, me-locate, dan menghapus data yang kita miliki dari jarak jauh.

Advertisements