Pengenalan ZBrush

ZBrush semacam aplikasi 3D Modeling tetapi menggunakan metode clay digital. Sederhananya kita memahat patung dalam komputer. Dengan cara ini, kita dapat dengan mudah membuat 3D Modeling dengan cepat layaknya membuat model patung dalam dunia nyata. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang ZBrush silahkan menuju situs resminya pixologic.com dan download trial aplikasinya atau silahkan cari di Google untuk yang suka software Crack-an (tidak disarankan).

Persiapan ZBrush

Untuk saat ini, silahkan download aplikasi ZBrush di situs resmi atau lainnya. Disini tidak menyediakan link download-nya so coba di cari sendiri.

Pengenalan Dasar

Ada beberapa cara untuk memulai membuat 3D Modeling dengan ZBrush yaitu :

  1. 3D Mesh
  2. ZSpheres
  3. ShadowBox
  4. SubTools

Tahapan Dasar ZBrush

  1. Pilih metode yang ada suka, apakah menggunakan ZSpheres, ShadowBox, SubTools yang tersedia, 3D Mesh, untuk memulai halaman kerja kita.
  2. Tentukan nilai dasar model kita, seperti resulusi, bentuk awal model kita dan lain sebagainya.
  3. Jika dirasa bentuk dasar sudah cukup memuaskan, mulailah melakukan digital Sculping dengan cara mengconvert menjadi 3D Polymesh sehingga anda dapat memahat model anda. Disini kita melakukan Sculping sesuai keinginan anda.
  4. Pada tahap Sculping kita dapat melakukan Coloring, memasukan Alpha detail, Texturing, subtools (layers dalam Photoshop) dan lainnya. Sampai tahap ini kita sudah melakukan dan menyelesaikan 3D Modeling kita.
  5. Hasil 3D Modeling dapat kita simpan sebagai Project (Save as Project) atau disimpan sebagai SubTools(*.ZTL) atau bisa mengexport ke aplikasi populer 3D Modeling lainnya seperti 3D Max, Maya, Mojo, dan lain-lain menggunakan Plugin GoZ.

Pada artikel-artikel selanjutkan kita akan menggunakan postingan ini sebagai kerangka postingan selanjutnya dengan penjelasan yang lebih detail.

Advertisements